Tips Memilih Topi Sesuai Bentuk Wajah

Apakah anda termasuk salah satu orang yang hobi mengoleksi dan mengenakan topi? Topi memang bermaca-macam jenisnya, tak hanya yang terbuat dari kain atau denim, bentuknya pun bermacam-macam. Selain bisa menjadi aksesoris untuk tampil stylish, topi juga berfungsi untuk melindungi pemakainya dari terpaan sinar matahari. Namun, tahukah anda memakai topi ternyata juga ada tipsnya, yaitu menyesuaikan dengan bentuk wajah. Tips memilih topi yang benar adalah menyesuaikan dengan bentuk wajah agar terlihat pas dan apik.

Tips Memilih Topi Sesuai Bentuk Wajah

Bentuk wajah setiap orang pastilah berbeda-beda. Ada yang bulat, oval, bahkan persegi. Tidak semua jenis topi terlihat pas pada setiap bentuk wajah. Berikut ini adalah tips memilih topi untuk pria maupun wanita:

  • Model Wajah Bulat

Bagi anda yang memiliki bentuk wajah bulat, sebaiknya menghindari topi jenis beanie atau yang biasa disebut dengan kupluk, karena akan membuat wajah terlihat semakin bulat. Sedangkan topi fedora dengan mahkota agak tinggi cocok untuk bentuk wajah ini. Fedora dapat memberi kesan pipi lebih tirus dan dagu lancip sehingga wajah terlihat proporsional. Topi fedora yang dikenakan secara asimetris akan membuat penampilan anda lebih keren layaknya model.

  • Model Wajah Oval

Bentuk wajah oval merupakan yang paling fleksibel untuk mengenakan topi. Wajah proporsional ini cocok dengan topi apapun, termasuk fedora, panama, bucket, dan lainnya. Anda hanya perlu menambahkan tambahan aksesoris lain seperti kacamata untuk pria dan anting untuk wanita agar terlihat lebih stylish. Cobalah bereksperimen dengan jenis topi lain yang belum pernah anda kenakan.

  • Model Wajah Persegi

Tips memilih topi yang selanjutnya adalah untuk model wajah persegi. Topi yang paling pas untuk bentuk wajah persegi adalah yang memiliki aksen aksesoris seperti pita atau bordir. Karakter dari bentuk wajah ini adalah tulang rahang yang muncul terlihat tegas dan dahi yang melebar sehingga baik diseimbangkan dengan topi yang bisa membuat wajah terihat lebih menawan. Seperti topi beanie yang mampu menampilkan ilusi bentuk wajah menjadi agak bulat dan flirty bow untuk wajah lebih proporsional.

  • Model Wajah Panjang

Bagi anda yang kurang percaya diri dengan bentuk wajah memanjang, anda dapat mengenakan topi dengan bagian pinggir yang mendatar seperti floppy hat. Floppy hat ini bisa mengubah tampilan wajah dan kepala menjadi lebih seimbang. Perlu diperhatikan untuk bentuk wajah ini agar menghindari topi dengan mahkota tinggi seperti fedora karena berpotensi membuat wajah anda semakin panjang. Cobalah model topi lain seperti cloches dan sun hat untuk menyamarkan dahi yang lebar.

  • Model Wajah Bentuk Hati

Ciri khas dari bentuk wajah hati adalah pipi yang terlihat penuh, dahi lebar, dan dagu menyempit. Untuk penampilan lebih proporsional, tips memilih topi yang cocok untuk model wajah ini adalah fedora dan homburg hat. Selain itu, topi beanie juga bisa menjadi alternatif lain yang lebih stylish.

Itulah beberapa tips memilih topi yang menyesuaikan bentuk wajah seperti bentuk wajah oval, bulat, memanjang, persegi, dan bentuk hati. Memakai topi bukanlah hanya untuk menangkal sinar matahari, namun topi juga memiliki fungsi estetika tertentu seperti untuk gaya anak muda jaman sekarang dengan memakai topi distro yang dijual di kiostopi.com dan zalora. Akan tetapi, dalam memakai aksesoris yang pas, pada intinya ada soal kepercayaan diri. Seperti memilih topi, apapun jenis topi yang anda kenakan, yang terpenting adalah rasa percaya diri. Jangan lupa tambahkan aksesoris lainnya namun jangan terlihat berlebihan sehingga mengganggu aktivitas anda.